Sunday, November 20, 2011

Suzuki Resmi Tinggalkan MotoGP 2012


Musim 2012 nanti, kita tidak akan melihat tim biru langit Suzuki. Kontrak Suzuki sendiri sebenarnya akan berakhir di MotoGP pada akhir 2011. Dorna selaku penyelenggara MotoGP beberapa kali membujuk dan menawarka bantuan agar Suzuki tetap mau berpartisipasi pada ajang MotoGP 2012 yang akan mempertarungkan motor 1000cc. Namun sayang, krisis yang melanda benar-benar harus memaksa Suzuki mundur di 2012. "Suzuki Motor Corporation memutuskan untuk menunda sementara partisiasinya di MotoGP pada musim balap 2012", demikian pernyataan resmi Suzuki yang dirilis pada tanggal 18 Nopember 2011.
Namun, kemungkinan juga tim biru langit ini akan kembali pada musim 2014."Dengan rencana kembali ke MotoGP pada 2014, Suzuki memusatkan perhatian pada pengembangan mesin baru yang kompetitif",sambung pernyataan Suzuki.
Sangat disayangkan, pada seri-seri terakhir sudah tampak gelagat motor GSV-R akan kompetitif. Ini ditunjukkan beberapa kali Alvaro Bautista menyodok barisan 5 besar. Bahkan ketika di Sepang, Bautista mampu meladeni perlawanan Super Sic yang memakai RC212V versi pabrikan seperti kepunyaan Stoner sebelum akhirnya berujung pada kecelakaan maut yang mengakibatkan tewasnya Simoncelli.Seri terkhir pun Bautista mampu meladeni Ben Spies sebelum akhirnya cium tanah air yang juga menyeret 3 pembalap Ducati termasuk Valentinno Rossi.
Suzuki mengawali debut balapnya pada 1974 dengan mengusung pembalap Inggris Barry Shane, yang kemudian menjadi juara dunia pada 1976 dan 1977. Lama tak menjadi juara dunia, mengawali millenium baru tahun 2000 kembali Suzuki mengantarkan pembalapnya menjadi juara dunia, yaitu Kenny Robert Jr. Itulah kali terakhir Suzuki berada di puncak podium dunia.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More