Sunday, November 13, 2011

Problem Rossi di Ducati

Banyak orang mengakui bahwa motor Ducati adalah tipe motor berkarakter sulit dikendarai. Bahkan untuk seorang Valentino Rossi yang notabene menjadi juara dunia 9 kali di ajang balap motor Grand Prix, belum mampu menaklukkan motor asal negaranya itu. Terlalu liar atau tidak stabil, mungkin adalah padanan kata yang harus mendapat penjelasan dari Rossi sendiri sebagai pembalapnya.

Nah, di sesi tes MotoGP Valencia yang digelar Selasa-Rabu (8-9/11) lalu, menjadi momentum setahun Rossi berinteraksi dengan Ducati. Beragam perubahan yang dilakukan Rossi dan Ducati tidak mampu membuat kuda besi rasa Italiano itu, manut (menurut-red) pada sang legenda MotoGP. Rossi pun menjelaskan bahwa gaya balap adalah faktor paling utama mengendarai motor Ducati.

“Motor ini mempunyai kekuatan dan kelemahan yang tidak sesuai dengan gaya balap saya. Padahal ini adalah bagian yang menjadi kekuatan saya selama ini. Menyelaraskan perilaku mengendara dengan karakter motor bukanlah pekerjaan instan, membutuhkan waktu, kesabaran dan kerja keras,” papar Rossi.

Ada juga yang mengatakan bahwa Rossi sudah cukup tua dan kehilangan motivasi untuk balapan. Hal ini ditepis Rossi dengan tegas. “Usia 32 bukanlah usia yang tua untuk seorang pembalap, karena ini bukan sepakbola. Tentang motivasi balapan dan memenangi balapan, saya rasa tidak pernah turun. Jika memang saya sudah mengalami penurunan motivasi balapan dan menang, lebih baik saya tinggal di rumah saja,” lanjutnya.

Hal lain yang membuat Rossi sulit mengejar ketertinggalan selain adaptasi gaya balap di Ducati, adalah karena kompetisi di MotoGP semakin berat. Semua pembalap rata-rata memiliki skill bagus. Jika dibandingkan di musim-musim sebelumnya, peningkatan performa pembalap lain di MotoGP cukup signifikan.

“Saya tidak mengalami penurunan skill atau performa. Namun pembalap lain yang mengalami peningkatan performa. Kemampuan saya masih bagus kok!” seru Rossi.

Semoga tahun depan Rossi sudah bisa menyesuaikan gaya balapnya dengan karakter motor Ducati yang sekarang menggunakan rangka ala motor Jepang. Agar kompetisi MotoGP lebih seru!

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More