Monday, February 20, 2012

History of MotoGp Grandprix

Balap motor kejuaraan dunia untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), pada tahun 1949. Pada saat itu secara tradisional telah diselenggarakan beberapa balapan di setiap peristiwa untuk berbagai kelas motor, berdasarkan kapasitas mesin, dan kelas untuk sidecars (motor bersespan). Kelas yang ada saat itu adalah 50 cc, 125 cc, 250 cc, 350 cc dan 500 cc seater tunggal untuk motor, serta 350 cc dan 500 cc untuk sidecars sepeda motor. Memasuki tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an, 4-stroke mesin sepeda motor mendominasi semua kelas.Pada tahun 1960-an, motor mesin, 2 tidak mulai menguasai kelas-kelas kecil. Dalam 2-stroke tahun 1970-an mesin sepeda motor benar-benar menyingkirkan mesin 4 stroke. Pada tahun 1979, Honda mesin 4 stroke yang mencoba untuk mengembalikan kelas atas dengan motor yang lebih rendah NR500, namun proyek ini gagal, dan di tahun 1983 Honda bahkan meraih kemenangan dengan 500 cc 2 miliknya bermotor stroke. Pada tahun 1983, kelas 350 cc akhirnya dihapuskan. 50 kelas cc digantikan oleh kelas 80 cc pada tahun 1984, tetapi kelas yang sering didominasi oleh pengendara dari Spanyol dan Italia ini akhirnya ditiadakan pada tahun 1990. Sidecars juga dikeluarkan dari kejuaraan kelas dunia pada tahun 1990, meninggalkan kelas 125 cc, 250 cc dan 500 cc kelas.Dan pemenang dalam sejarah kelas utama MotoGP yang dipegang oleh Giacomo Agostini dengan rekor kemenangan tujuh kali. Sementara Rossi yang up to date ras dan Mike Doohan telah mendapatkan juara lima kali rekor dunia. Valentino Rossi bisa melampaui Agostini menang jika tetap di Yamaha. Tapi kurangnya Rossi pertandingan dengan rekan setimnya Jorge Lorenzo Rossi harus membuat langkah nyata ke Ducati tidak dapat dikatakan memiliki mesin yang sempurna.MotoGP organisasiMotoGP Balap keberhasilan tidak terlepas dari organisasi yang terlibat di dalamnya Beberapa organisasi yang tergabung dalam Komisi Grand Prix antara lain FIM, Dorna, IRTA, dan MSMA.FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) adalah badan tertinggi di dunia untuk mengurus hal tentang sepeda motor. FIM didirikan pada tahun 1904 tidak hanya mengurusi balap motor, tetapi juga motor produksi supervisor yang dijual masal, terutama soal keamanan dan kelayakan. Dalam kegiatan balap motor, FIM adalah badan yang bertanggung jawab atas perawatan dan pelaksanaan peraturan dan teknis lomba, juga mengenai status, lingkup, dan kriteria dari sebuah kejuaraan balap motor.Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP, atau dengan kata lain Dorna promotor MotoGP adalah kejuaraan. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event.IRTA (International Jalan Racing Team Association), anggota organisasi ini terdiri dari tim yang mengikuti balapan MotoGP. Organisasi ini berfungsi untuk menyalurkan aspirasi tim dan para pembalap yang tergabung di dalamnya. Dengan organisasi ini pembalap dapat memberikan masukan dan menentukan hak dan kepentingan, termasuk nilai kontrak, keamanan dan kelayakan sirkuit.MSMA (Motor Sports Manufacturer Association) adalah organisasi yang terdiri dari produsen sepeda motor MotoGP yang mengikuti kejuaraan MotoGP, seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki dan produsen lain. Fungsi dari organisasi ini antara lain memutuskan peraturan teknis mengenai regulasi motor bersama dengan organisasi lain yang tergabung dalam komisi Grand Prix.

Source: wikipedia.com

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More