Monday, November 14, 2011

Aman Disaat Hujan Tiba

Hujan telah tiba, namun aktifitas harus tetap jalan terus. Hanya karena hujan tidak masuk kerja, bisa-bisa kena semprot Bos dan potong gaji. Tunggangan kesayangan juga harus mendapat perhatian lebih agar tetap aman dan nyaman dikendarai disaat basah. Berikut sedikit tips melibas hujan yang perlu sedikit disimak: 
1. Hindari Pemakaian Ban Kecil
Bikers yang mash mengaplikasi ban type untuk Drag Bike ada kalanya kembali ke ban ukuran standart dulu. Ban berkontur kecil sangat riskan untuk diajak melibas air, apalagi dibuat untuk berbelok. Jadi jangan sampai gedubrak hanya gara-gara ingin gaya. 
2. Pasang Spatboard Belakang
Banyak sekali manfaat spatboard belakang ini disaat musim penghujan datang. Selain untuk menghormati bikers yang dibelakang kita agar tidak terciprat air dari motor kita, juga menahan kotoran dan krikil yang ikut dilibas agar tidak mengenai bodi motor kita.So, pasang kembali spatboard belakang. Jangan sampai pacar yang jadi boncenger marah karena terciprat air. 
3.  Pakailah Jas Hujan yang Ideal
Model two piece (jaket dan celana) lebih ideal karena ukurannya yang pas.  Jika tidak ingin boncenger kita keujanan terlebh pacar, ya baiknya bawa 2 jas ujan. Jas ujan model ponco atau batman sangat mengundang resiko baik bagi pengendara sendiri maupun bikers lain karena berkelebat jika diterjang angin. Jika nyangkut ke motor , yang menyebabkan kita terjatuh dan ikut menyeret bikers lain menjadi korban akan sangat fatal. 
4. Lindungi Kepala Busi
Bagian ini paling rawan jika basah, maka dipastikan motor akan langsung mogok. Untuk itu ada beberapa cara yang dilakukan agar kepala busi tetap kering. Seperti mengisolasi dengan selotip kabel atau hitam, mengoleskan grease ke kepala busi, atau mengencangkan sambungan kabel dan kepala busi dengan cable tie. 
5. Kembali ke Bohlam Lampu Standart
Bagi yang memakai bohlam variasi, sebaiknya kembali ke model standart. Bohlam standart pabrik lebih baik menerjang hujan kabut dibandingkan model halogen sekalipun. Karena lampu halogen berwarna putih, kurang baik menembus kabut hujan. Selain itu, sayang juga kan jika lampu halogen asli brothers konsleting gara-gara hujan. 
6. Bawa Sepatu Lebih
Biasanya sobat bikers takut sepatu kantor basah gara-gara hujan. Namun jangan berkendara tanpa alas kaki, sangat berbahaya jika melintas genangan air. Bisa-bisa kaki cidera terkena krikil atau ranting yang terbawa hujan. Solusinya, tinggalah sepatu kantor di kantor. Untuk berkendara gunakan sepatu lainnya saja. 
7. Pelajari Kondisi Hujan
Jika hujan lebat bercampur angin kencang ada baiknya menepi dulu. Berkendara dalam keadaan seperti itu sangat berbahaya. Pandangan yang terbatas dan rasa dingin yang menerpa menjadikan rasa konsentrasi kita terpecah. 
8. Berteduh yang Baik
Jika memang memaksa kita untuk berteduh, pilihlah tempat yang aman seperti di rest area pom bensin, atau halaman toko. Jangan berteduh dibawah pohon, dikhawatirkan dapat tumbang sewaktu-waktu jika terkena angin kencang. Atau berteduh di dalam terowongan dan dibawah jembatan layang yang akan menyebabkan kemacetan.



0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More