Thursday, April 5, 2012

START YOUR ENGINE !!! (MotoGP 2012)


Balap motor prototype kasta tertinggi di planet ini akan segera digelar. Mungkin terasa sepi dan hambar tanpa aksi ugal-ugala Simoncelli #58. Tanggal 8 April 2012 start pertama akan dimulai di sirkuit Losail Qatar yang bertitel Commersial Bank Grand Prix of Qatar. Balapan yang akan digelar pada malam hari ini memerlukan penerangan yang tidak sedikit untuk meminimalisir bayangan. Berikut adalah kalender MotoGP terbaru yang disahkan oleh FIA.

Sirkuit yang dibangun pada tahun 2004 ini menelan dana 58 juta US$ dan melibatkan 1000 pekerja berhasil menyelesaikan proyek super mewah ini kurang dari 1 tahun. Dan menggelar MotoGP pada 2008 yang pada saat itu muncul keraguan dari pada rider karena balap digelar pada malam hari. Bukan hanya karena kondisi malam hari yang ditakutkan rider, tapi trek licin karena berpasir dan suhu yang sangat dingin juga akan menjadi halangan. Namun dengan segala kelengkapan yang dimiliki sirkuit Losail Qatar, maka race pun berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan ini maka Qatar mencetak sejarah dalam menggelar race MotoGP pada malam hari.
Awal putaran perdana MotoGP akan menjadi pembuktian hasil ujicoba yang selama ini digelar. Tim pabrikan tetap menjadi sorotan utama. Honda Repsol akan mati-matian mempertahankan gelar Juara Dunia 2011. Selain itu Dani Pedrosa yang telah sembuh dari cidera tidak akan mengalah begitu saja dari Stoner. Yamaha dengan sponsor barunya pelumas dari negeri sakura, Eneos juga menunjukkan grafik yang meningkat. Lorenzo juga ingin membuktikan dirinya bahwa dia bisa juara dunia dengan motor pengembangannya sendiri tanpa campur tangan Rossi seperti yang dituduhkan pada 2010 ketika dia meraih mahkota juara. Team-team CRT (Claiming Rule Team) juga pasti tidak hanya ingin jadi pelengkap dan penghibur semata.
Yang paling ditunggu adalah perkembangan Rossi dan Ducati. Gagal total pada musim 2011 membuat Rossi dan team harus bekerja keras menjinakkan motor Ducati. Prestasi paling buruk yang ditorehkan Rossi bersama Ducati juga membuat fans Rossi marah dan kecewa. Perubahan radikal yang dilakukan Rossi memang tidak serta merta mengantar Rossi ke tangga podium. Bagaimanapun butuh proses, riset, dan waktu. Tidak seperti saat Rossi pindah dari Honda ke Yamaha yang sama-sama dari pabrikan jepang sehingga memiliki perbedaan tidak terlalu signifikan. Berbeda untuk pacuan Ducati. Rossi kesulitan dalam mengembangkan rangka bawaan pabrik aslinya. mulai dari mennganti sasis Baja tralis dengan sasis Carbon yang lebih ringan, lalu menggabungkan sasis karbon dengan aluminium. Bahkan yang lebih gila adalah membuat mesin yang sekaligus digabung menjadi sasis. Dan yang terakhir adalah mau tidak mauRossi harus menjadikan Ducati berangka aluminuim seperti Honda dan Yamaha agar lebih stabil sesuai gaya balap Rossi selama ini.
Namun bukan Rossi namanya jika harus menyerah. Pelan tapi pasti, Ducati menunjukkan tanda-tanda membaik. Ducati tidak pernah lagi tertinggal jauh meskipun masih dalam tes kualifikasi. Yang lebih penting adalah kepercayaan Rossi mulai tumbuh lewat motor barunya. Sedikit segar tampilan GP 12 dengan garis warna hijau di depan. Dan semoga kita melihat lagi sang legenda hidup ini berdiri di puncak podium dengan selebrasinya yang unik seperti yang selama ini kita saksikan.  


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More